Minggu, 01 Agustus 2010

Korban Tewas Banjir Pakistan 900 Orang


ISLAMABAD, KOMPAS.com — Banjir bandang yang melanda Pakistan pada hari Jumat telah menelan korban tewas sementara sebanyak 900 orang. Sekitar 342 orang dikabarkan sakit dan ratusan orang lagi diberitakan hilang. Sedikitnya sekitar satu juta orang telantar akibat rumah dan harta benda mereka hancur akibat banjir.

"Sekitar 800 orang tewas di wilayah kami. Banjir juga merusak infrastruktur sehingga menyulitkan pendistribusian bantuan," kata Mian Iftikhar Hussain, juru bicara Pemerintah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa (KP), Minggu (1/8/2010). Pihak Pemerintah Pakistan juga menyerukan agar masyarakat internasional memberi bantuan kemanusiaan bagi para korban banjir yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

Badan rusan bencana nasional Pakistan atau Pakistan’s National Disaster Management Authority (NDMA) telah meminta PBB dan masyarakat internasional untuk segera memberi bantuan. "Ini merupakan bencana banjir terburuk, yang terjadi dalam 81 tahun terakhir di negara itu," lapor jaringan televisi negara.

Menurut tim SAR, ratusan desa, jembatan, jalan-jalan, dan harta benda senilai miliaran dollar AS musnah disapu banjir. Pasukan angkatan laut, darat, dan udara serta puluhan tim penyelamat dari pemerintah dan non-pemerintah sedang sibuk membantu para korban.

------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar