Sabtu, 28 Agustus 2010

Trafo Induk Terbakar, Sebagian Jawa Barat Gelap Gulita


Liputan6.com, Kuningan: Satu unit trafo milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di gardu induk Pancalang Mandirancan, Kuningan, Jawa Barat, Jumat (27/8) siang, terbakar. Trafo berkapasitas 500 Megavolt Ampere itu terbakar setelah sebelumnya sempat meledak.

Kobaran api besar serta kepulan asap tebal membuat petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan yang dibantu pegawai PLN kesulitan memadamkan api. Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, namun hingga lebih dari tiga jam api belum dapat dipadamkan. Menurut salah seorang petugas pemadam kebakaran, trafo yang berisi ratusan liter oli diduga menjadi penyebab utama api sulit dipadamkan.

Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab ledakan yang mengakibatkan kebakaran hebat tersebut. Namun, sebagai akibat terbakarnya trafo listrik ini, pasokan listrik ke Kabupaten Cirebon dan sekitarnya berkurang. Pihak PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir pada waktu beban puncak.

Sementara itu, untuk meminimalkan pemadaman terutama pada waktu beban puncak, pihak PLN meminta pelanggan industri dan bisnis termasuk hotel di wilayah Kuningan, Cirebon, Majalengka, dan sekitarnya menyalakan genset masing-masing.

Sejauh ini pihak PLN belum mengetahui pasti penyebab ledakan pada bushing yang mengakibatkan kebakaran. PLN juga berencana memindahkan trafo interbus transformer (IBT) yang rencananya dipasang di Bekasi, Jabar, untuk menggantikan trafo yang terbakar di Pancalang Mandirancan. Pemasangan trafo itu sendiri diperkirakan memakan waktu satu bulan. (BJK/YUS)

--------------------------
" Alam dan Adat Bicara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar