Senin, 23 Agustus 2010

Pipa Minyak Meledak, Dua Pekerja Tewas

Liputan6.com, Diyarbakir: Dua orang tewas menyusul ledakan yang menghantam sebuah pipa minyak di tenggara Turki, Selasa (10/8). Pemerintah menduga ledakan itu dilakukan kelompok pemberontak dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Ledakan yang menghantam pipa di daerah Mardin di dekat Desa Midyat itu memicu kebakaran. Menurut sumber keamanan setempat, para petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api,

Dua orang yang melintasi lokasi kejadian dengan mobil tewas akibat ledakan tersebut. Tak jelas apakah mereka itu warga sipil atau anggota paramiliter Kurdi yang bertempur bersama pasukan pemerintah melawan PKK.

Pemerintah menduga PKK terlibat dalam serangan itu, namun kelompok tersebut membantahnya. Kendatipun mereka sebelumnya telah beberapa kali menyerang pipa minyak di wilayah itu, termasuk bulan lalu. Pipa sepanjang 970 kilometer itu menyalurkan minyak mentah dari Kirkuk di Irak bagian utara ke Ceyhan, tempat minyak itu dimuat ke kapal tanker.

PKK yang dimasukkan Turki dan masyarakat internasional ke dalam daftar organisasi teroris melakukan pemberontakan pada 1984. Kelompok ini hendak mendirikan negara merdeka di Turki bagian tenggara yang berpenduduk mayoritas orang Kurdi.

Aksi PKK itu telah memicu konflik yang menewaskan sekitar 45 ribu orang. PKK meningkatkan serangannya sejak pemimpinnya, Abdullah Ocalan, yang dipenjara Mei lalu menyatakan bahwa ia telah menghentikan perundingan dengan Ankara.(APY/ANS/Ant)

-------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar