Minggu, 11 Juli 2010

Kebakaran Pabrik Sepatu, Polisi: Api Diduga Muncul Dari Mesin Blower


Pasuruan - Penyebab kebakaran gudang pabrik sepatu PT Karya Mitra Budi Sentosa (KMBS) Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan masih dalam penyelidikan. Namun polisi menduga api berasal dari mesin blower.

"Kepastiannya masih lidik. Hanya saja diduga sementara dari mesin blower," kata Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Indra Mardiana, Minggu (11/7/2010).

Dugaan itu, kata dia, didasarkan beberapa saksi di lokasi kejadian yakni para karyawan. Menurutnya, api diketahui sudah membesar dari mesin blower hingga api sulit dipadamkan.

Sementara beberapa karyawan yang sempat ditemui detiksurabaya.com membenarkan dugaan tersebut. Salah satu pekerja di bagian mesin menuturkan, saat itu, kobaran api terlihat dari bagian mesin blower.

Kondisi gudang yang dipenuhi material bahan sol sepatu membuat api dengan cepat menyebar. "Kalau cuma mesin, apinya ndak sampai sebesar ini. Itu karena banyak material yang ikut terbakar di dalam," terang pekerja yang enggan disebutkan namanya.

Dia mengaku, mesin blower itu terhubung dengan ruangan produksi yang lokasinya bersebelahan. Fungsinya, untuk menyedot sampah bahan baku dari bagian produksi. "Sampah-sampah karet ini langsung masuk ke sana (gudang)," imbuhnya.

Sementara hingga kini pihak perusahaan belum bisa memberikan penjelasan berapa nilai kerugian yang diderita akibat kejadian itu. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

"Pastinya kami belum tahu. Mungkin ratusan juta. Sebab, selain limbah produksi, sebagian material dari gudang lain juga berada di gudang tersebut," jelas HRD PT KMBS Armoza. (fat/fat)

-----------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar