Minggu, 17 Oktober 2010

Banjir Bandang Vietnam; Lagi, 14 Tewas, 78.000 Orang Dievakuasi


BANGKOK, KOMPAS.com - Inilah pukulan mematikan kedua bagi Vietnam dalam waktu satu bulan. Setelah merenggut 60 orang di Vietnam tengah, kini banjir bandang kembali membunuh 14 orang.

"Selain itu, sekitar 78.000 orang terpaksa dievakuasi dari rumah mereka di Vietnam tengah. Provinsi Nghe An mencatat jumlah kematian tertinggi dengan delapan orang tewas," kata Dao Van Long, pejabat departemen pengawasan bencana.

Curah hujan yang begitu tinggi, lebih dari 800 milimeter dan hujan yang turun terus-menerus membuat wilayah tersebut terisolasi.

"Beberapa daerah di provinsi kami telah diisolasi. Kami telah mengevakuasi hampir 10.000 orang," katanya.

Menurut kantor departemen bencana, di Provinsi Ha Tinh, korban tewas sementara lima orang, dua lainnya masih hilang serta satu orang dilaporkan tewas di kota Hue.

Menurut laporan tersebut, lebih dari 84.000 rumah dan ribuan hektar tanaman telah terendam banjir, sedangkan lebih dari 68.000 orang telah dievakuasi.

"Kami membutuhkan sekitar 5.000 ton beras untuk masyarakat korban banjir. Kami juga sangat membutuhkan obat-obatan dan air bersih," katanya.

Wilayah Vietnam secara teratur dilewati badai dan cuaca buruk. Topan dan badai tropis telah menewaskan puluhan orang setiap tahun.

Pada bulan Agustus sedikitnya sembilan orang tewas ketika Topan Mindulle melanda pantai tengah, sedangkan pada bulan Juli badai tropis Conson menyebabkan sedikitnya satu orang tewas setelah membunuh 68 orang di Filipina.

-------------------------
" Alam dan Adat Bicara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar