Senin, 16 Januari 2012

Bencana Alam di Lebak, 3 Orang Tewas



[LEBAK] Bencana alam di Kabupaten Lebak, Banten, menewaskan tiga orang, di antaranya seorang tertimbun longsor dan dua orang terseret arus sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Muklis, Senin (16/1), mengatakan, korban bencana alam tersebut tercatat tiga orang meninggal dunia berdasarkan laporan dari kecamatan.

Ketiga orang itu adalah Jarhudi (62) warga Bejod, Kecamatan Wanasalam, terseret air sungai Cibinungeun dan Anam (47) warga Lebaksangka, Kecamatan Lebak Gedong tertimbun longsoran tanah.

Sedangkan, Muktar (20) warga Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung hilang setelah terseret air Sungai Ciujung.

Saat ini, kata dia, tim penolong dari Brimob Polda Banten dan Tagana Lebak masih melakukan pencarian dengan menyisir sungai. "Kami terus melakukan penyisiran untuk mencari jasad Muktar, yang sehari-hari sebagai penambang pasir itu," ujarnya.

Menurut dia, ketiga korban bencana alam itu, dua di antaranya sudah dimakamkan oleh keluarganya. Pemerintah daerah mengimbau masyarakat yang tinggal di tempat rawan banjir dan lonsor agar meningkatkan kewaspadaan selama puncak hujan Januari-Februari untuk menghindari korban jiwa.

"Dengan imbauan ini, tentu diharapkan tidak menimbulkan korban jiwa yang disebabkan bencana banjir dan longsor," ujarnya.

Sementara itu, Camat Lebakgedong Vidia Indera mengatakan, pihaknya terus melakukan imbauan-imbauan terhadap masyarakat untuk menghindari jatuh korban jiwa karena wilayahnya sangat rawan longsoran tanah.

Sebagian besar topografi Kecamatan Lebakgedong berbukit-bukit dan pegunungan, sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi longsoran tanah, terlebih pada musim hujan.

Selain itu juga warga diminta menjauhkan diri dari tebing atau perbukitan jika hujan terus menerus guna menghindari korban longsor.

"Kebanyakan korban jiwa di sini warga yang sedang berteduh atau istirahat di lokasinya dekat tebing, tiba-tiba terjadi longsoran tanah," katanya. [Ant/L-8].
---------------------------------
OPERASI SANDI "AWAS!"
Pemangku Alam dan Adat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar