Minggu, 15 Januari 2012

Megawati ingatkan kader tanggap terhadap bencana

Kupang (ANTARA News)-Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, lewat Sekjen partai itu mengingatkan kader untuk tanggap terhadap ancaman bencana alam, ancaman banjir, tanah longsor dan ancaman kekurangan pangan di daerahnya masing-masing.

"Kepada seluruh jajaran struktural partai, anggota, kader dan simpatisan PDI Perjuangan, mari bersama rakyat mempersiapkan diri dengan melakukan antisipasi dan sikap tanggap darurat terhadap ancaman bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan ancaman kekurangan pangan yang sedang dan akan terjadi di daerah-daerah yang rawan bencana," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, di Kupang, Sabtu.

Tjahjo Kumolo yang saat itu didampingi anggota DPR RI Ganjar Pranowo, Honing Sani, Jefry Riwu Koreh menyampaikan pesan harian Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, itu dalam Rapat Kerja Daerah tingkat DPD PDIP Provinsi NTT, di Kupang.

"Ini adalah bagian dari upaya memperkuat jati diri partai yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan terdepan di dalam membela rakyat khususnya rakyat yang miskin, tertindas atau diperlakukan tidak adil," katanya.

Berkaitan dengan itu, katanya, PDI Perjuangan harus menjadi bagian terhadap upaya penyelesaian masalah rakyat, melalui kebijakan yang pro rakyat, baik tingkat nasional melalui DPR RI, maupun tingkat provinsi dan kabupaten/kota melalui kepala daerah/wakil kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan, beserta seluruh jajaran legislatif di daerah.

Megawati, kata Tahjo Kumolo juga meminta kader PDI Perjuangan untuk memperhatikan masalah pangan, kelangkaan dan kenaikan harga menjelang musim paceklik pada Januari hingga Maret.

Megawati mengingatkan hal ini sebab ada banyak kader PDIP di sejumlah daerah yang berada di pemerintahan bahkan top eksekutif, sehingga kenaikkan harga pangan harus diantisipasi.

Megawati mengatakan masalah pangan di daerah-daerah harus dilakukan langkah antisipasi mulai dari kenaikan harga hingga kemungkinan terjadinya kelangkaan bahan pokok dan makanan. Langkah paling nyata untuk menekan hal ini harus benar-benar dilakukan.

"Sejak dulu PDIP sangat peduli dengan hal ini, karena itulah maka sejak lama partai ini memiliki badan penanggulangan bencana (Baguna) yang selalu melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi masalah pangan mulai dari kenaikan harga sampai kerawanan," katanya.

Baguna ini dipimpin Efendi Simbolon dan telah bekerja dengan sangat baik untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan bencana, termasuk kelangkaan pangan dan kami tidak hanya bekerja pada saat kejadian bencana tetapi sampai masa pemulihan.

Walaupun ini adalah kewajiban pemerintah, namun PDIP tetap peduli, sehingga PDIP selalu mengingatkan kadernya di pemerintahan untuk mengantisipasi hal ini apalagi ini berhubungan langsung dengan masyarakat.

Selain masalah bencana, Megawati dalam pesan hariannya juga meminta seluruh kader PDIP aar tetap teguh menempuh jalan sebagai partai ideologi berdasarkan Pancasila 1 Juni 1945 dan selalu memperkokoh empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan Indonesia. (T.B017/J006).
---------------------------------
OPERASI SANDI "AWAS!"
Pemangku Alam dan Adat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar