Jumat, 09 Juli 2010

Bukit Barisan Longsor di Lima Lokasi

PAGARALAM, KOMPAS.com - Lima titik tebing Bukit Barisan di Kelurahan Jangkarmas dan Kelurahan Bumiagung, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumsel Jumat (9/7/2010) longsor selebar 100-200 meter dengan ketinggian 400 meter.

Dilaporkan, longsor juga berdampak terhadap kerusakan puluhan ribu batang kopi dan mengancam puluhan pondok warga setempat yang berada hanya berjarak sekitar 1 meter dari tebing runtuh tersebut.

Lokasi longsor selain kebanyakan berada di areal kebun kopi dan hanya berjarak beberapa meter saja dari kawasan persawahan di dua kelurahan tersebut. Kemudian sekitar daerah itu juga sudah banyak hutan gundul dan alih fungsi menjadi perkebunan.

Bencana itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Pagaralam, dalam beberapa bulan ini, sehingga menyebabka sejumlah daerah terutama bukit Kayu Manis longsor cukup besar. Kemudian ada juga hutan di sepanjang sungai sudah banyak beralih fungsi dan gundul.

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa tapi kerusakan kebun kopi cukup parah mencapai ratusan hektar akibat longsor. "Memang sudah berulang kali terjadi longsor dan banjir bandang termasuk yang berada di daerah Bukit Kayu Manis Kecamatan Dempo Utara. Hampir sebagian besar posisi areal perkebunan kopi dan persawahan sudah rusak akibat banjir dan longsor, pada saat hujan deras berlangsung," kata Yuni, warga setempat.

Ia mengatakan, kondisi itu cukup membahayakan bagi warga pemilik kebun jika tetap tinggal di sekitar lokasi longsor, apalagi ada tiga perumahan berjarak sekitar 2-3 meter saja dari lokasi tersebut.

-----------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar