Senin, 13 September 2010

Ajaib, Gempa 7,1 SR Tak Ada yang Tewas!


Chirstchurch -- Perdana Menteri (PM) New Zealand (NZ) John Key mengungkapkan keheranannya seka­ligus bersyukur pasca gempa 7,1 skala Richter yang menggoyang negerinya. Bagaimana tidak, gempa dahsyat yang meluluhlantakan Kota Chirstchurch sama sekali tidak menelan korban jiwa.

“Ini adalah keajaiban. Tidak ada yang tewas,” ujar John Key, saat meninjau lokasi kejadian di Kota Chirstchurch, kemarin. Namun diakuinya, memang terdapat warga yang mengalami luka ringan hingga luka parah. Menurut Key, salah satu alasan tidak banyak yang lolos dari gempa karena bencana alam itu terjadi sebelum fajar, di mana banyak warga melakukan aktivitas di luar gedung.

“Jika ini terjadi lima jam sebelumnya atau lima jam kemudian (ketika banyak orang di kota itu), maka akan terjadi pembantaian mutlak kehidupan manusia,” terang Key.

Profesor Geologi Mark Quigley dari Universitas Canterbury menjelaskan, gempa itu disebabkan oleh tabrakan antara lempeng Pasifik dengan lempeng tektonik Australia. Kini, NZ tengah berbenah. Pemerintah setempat berusaha menangani dan mengaktifkan berbagai kebutuhan sanitasi, seperti listrik dan air. Setidaknya 500 ge­dung, termasuk 90 properti pusat kota, hancur lebur, setelah gempa, Sabtu 4 September. (RMOL)

--------------------------
" Alam dan Adat Bicara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar