Senin, 09 Januari 2012

Jabar Kebanjiran Terus, Pemprov Nyatakan Darurat Bencana Alam


BANDUNG (Pos Kota) - Gara-gara curah hujan di wilayah Jawa Barat dini tinggi dan tergolong ekstrim, Gubernur Ahmad Heryawan, menetapkan Jawa Barat kini dalam status siaga darurat bencana alam selama empat bulan.

Selama kurun waktu empat bulan ini masyarakat Jabar supaya tetap ada dalam waspada terutama di wilayah kabupaten yang berpotensi bencana alam. “ Siaga darurat bencana alam tertuang dalam surat dinas Gubernur, dengan kurun waktu empat bulan,” kata Sigit, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Jabar, kepada wartawan di Gedung Sate, Senin.

Dia menjelaskan, siaga darurat bencana alam, mengacu kepada surat Gubernur mulai efektif 3 Januari hingga 3 Mei 2012. Dengan adanya surat tadi, lanjut Sigit, membuktikan kalau Pemerintah dan pemerintah daerah merupakan penanggung jawab dalam penanggulangan bencana, baik pra bencana, tanggap darurat, hingga ke rehab rekon.

“Selama empat bulan ini kami selalu waspada dan siaga bergerak jika ada wilayah yang terkena bencana alam. Maklum, cuaca dan curah hujan kini sangat tinggi,” tegasnya.

Rujukan munculnya status siaga darurat bencana alam, demikian Sigit, hasil rapat koordinasi 22 Desember 2011 dedngan BMKG, BPBD Kabupaten dan kota se-Jabar.

Dalam rapat itu terungkap perlu dilakukan antisipasi yang koprehensif dalam menghadapi prediksi peningkatan curah hujan tinggi hingga Maret 2012. “ Hasil rapat itu pun mednyekapi untuk antisipasi serius karena dalam kurun waktu 4 bulan curah hujan tinggi sehingga berpotensi bencana alam berupa longsor,” pungkas Sigit. (dono/dms)


------------------------------
" Alam dan Adat Bicara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar