Senin, 09 Januari 2012

Menko Kesra: Waspada Banjir Hingga Februari

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan, bencana banjir dan tanah longsor masih akan menjadi ancaman bagi hampir seluruh wilayah di Indonesia hingga Februari 2012. Hal itu disebabkan curah hujan yang masih tinggi hingga bulan depan.

Dalam kunjungannya ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/1/2012), Agung meninjau wilayah rawan banjir di bantaran Sungai Bengawan Solo sekaligus meninjau mobil Kiat Esemka. Agung menjelaskan, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diketahui bahwa curah hujan di hampir seluruh wilayah di Indonesia akan tinggi hingga bulan Februari.

"Bahkan curah hujan diperkirakan lebih tinggi mencapai tiga kali lipat dibanding biasanya dan hal tersebut bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor," kata Agung.

Untuk mengantisipasi adanya kemungkinan terburuk akibat kondisi cuaca ekstrem tersebut, Agung mengatakan, pemerintah pusat telah meminta daerah untuk tetap waspada. Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri juga telah memberikan imbauan kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

"Kami juga telah meminta BMKG untuk menyosialisasikan mengenai kondisi cuaca ke seluruh pemerintah daerah agar nantinya bisa diteruskan ke pihak pelabuhan, bandar udara, dan lain sebagainya," ujarnya.

Dia menjelaskan, pemerintah akan memerhatikan seluruh wilayah di Indonesia terkait waspada bencana banjir. Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam dalam cuaca ekstrem. Agung mengatakan, Pulau Jawa termasuk wilayah dengan penduduk terbanyak dan memiliki peluang cuaca buruk hingga Februari mendatang.

------------------------------
" Alam dan Adat Bicara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar