Jumat, 16 Juli 2010

Batavia Air Turunkan Dua Penumpang


PEKANBARU, KOMPAS.com — Kisruh pendaratan darurat pesawat Batavia di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Kamis malam, berlanjut. Pada hari Jumat (16/7/2010), pihak maskapai menurunkan dua penumpang menjelang lepas landas. Penumpang itu adalah Andranita dan Ahmadi, penumpang Batavia BTV 562 yang gagal melanjutkan perjalanan menuju Jakarta karena kerusakan mesin sesaat setelah lepas landas.

Kami terpaksa menurunkan mereka karena, kalau tidak, dapat mengganggu penerbangan.
-- Zulkifli --


Menurut Manajer Distrik Batavia, Pekanbaru, Zulkifli, Andranita menjerit-jerit dalam pesawat dan menarik-narik baju pramugari. Karena sempat terjadi keributan, pilot memerintahkan penumpang itu diturunkan.

"Kami terpaksa menurunkan mereka karena, kalau tidak, dapat mengganggu penerbangan," ujar Zulkifli.

Sebaliknya, menurut Andranita, dia tidak pernah mengganggu penerbangan. Pada saat kejadian, dia hanya meminta pramugari menanyakan kepada teknisi apakah kondisi pesawat benar-benar siap terbang. Dia tidak ingin kejadian pada Kamis malam terulang lagi pada hari Jumat ini.

"Saya trauma dan meminta perhatian dari pramugari agar menenangkan hati penumpang. Namun, pramugari itu tidak memberi jawaban memuaskan kami. Pada saat kejadian semalam, pramugari Batavia juga tidak melakukan apa pun untuk menenangkan kami yang cemas," ujar Andranita.

Adapun menurut Ahmadi, dia turun dari pesaat sebagai bentuk solidaritas sesama penumpang Batavia yang nyaris mengalami kecelakaan maut di angkasa pada Kamis malam. "Saya siap bersaksi bahwa ibu Andranita tidak melakukan perbuatan mengganggu penerbangan. Sangat disayangkan Batavia tidak mengerti kondisi kejiwaan penumpang yang nyaris mengalami kecelakaan. Kami itu trauma," kata Ahmadi.

Pada Kamis malam, Andranita dan Ahmadi adalah dua penumpang yang paling kritis mempertanyakan kesiapan awak Batavia di darat. Mereka mengatakan, Batavia tidak sigap dan kurang profesional dalam menangani peristiwa semalam.

Pada pukul 08.45 pagi tadi, sebuah pesawat Boeing 737 seri 400 telah didatangkan dari Jakarta untuk membawa penumpang Batavia Airbus A320 yang mengalami kerusakan mesin. Dari 186 penumpang yang mendarat darurat, hanya 137 orang yang melanjutkan perjalanan dengan Batavia. Pada pukul 10.00 WIB, Batavia dengan nomor penerbangan BTV 5641 terbang dengan 135 penumpang.

-------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar