Rabu, 14 Juli 2010

Filipina Hadapi Amukan Topan Conson


Sebanyak 33 dari 81 provinsi, termasuk Ibukota Manila, kini dalam status siaga.IVAnews - Angin topan kembali membuat sebagian rakyat Filipina resah. Kali ini, topan Conson memporak-porandakan banyak bangunan dan fasilitas serta menyebabkan banjir di sebagian Ibukota Manila dan di tempat-tempat lain.

Akibatnya, hari ini, banyak sekolah dan kegiatan bisnis tutup. Bencana itu juga menyebabkan tertundanya banyak jadwal penerbangan dan layanan kapal feri.

Pemerintah mengungkapkan, sebanyak 33 dari 81 provinsi di Filipina, termasuk Ibukota Manila, kini dalam status siaga topan. Penduduk di dataran rendah dan di kaki bukit diminta siap untuk mengungsi ke tempat penampungan bila muncul ancaman.

"Jangan tunggu sampai bencana datang," kata Menteri Kesejahteraan Sosial, Corazon Soliman. "Semua keluarga harus melakukan antisipasi dini bila wilayah mereka diketahui bakal dilewati topan," lanjut Soliman.

Conson mampu melaju hingga 150 km/jam dan, selain banjir, sudah diproyeksi menyebabkan tanah longsor pada Selasa malam atau Rabu dini hari di pegunungan Aurora atau di provinsi Quezon.

Kepala Badan Meteorologi Filipina, Prisco Nilo, mengungkapkan bahwa Conson, Rabu 14 Juli 2010, bakal menghampiri Pulau Luzon dan bergerak ke arah Laut China Selatan.

Hingga kini belum dilaporkan adanya korban jiwa. Namun, pemerintah setempat mengungkapkan bahwa sejumlah nelayan belum kembali dari laut. Ini merupakan topan dahsyat pertama yang melanda Filina tahun ini. Tahun lalu, negeri kepulauan itu dihantam 20 topan dan badai tropis. (Associated Press)

-------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar