Jumat, 23 Juli 2010

Tabung Gas Elpiji 3 Kg Meledak di Peternakan, Ratusan Ayam Gosong


Magelang - Insiden ledakan tabung gas elpiji ukuran 3 kg kembali terjadi. Kali ini di sebuah tempat pembesaran anak ayam di Magelang, Jawa Tengah. Tidak ada korban jiwa manunusia, tapi ratusan ekor anak ayam gosong.

Ledakan itu terjadi di lokasi pembesaran anak ayam milik Faisal Murtado (35), warga Dusun Karang Sanggrahan, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (23/07/2010).

Dijelaskan Faisal, dirinya menggunakan gas elpiji untuk mengoperasionalkan alat penghangat suhu kandang. Biasanya dia menggunakan tabung gas elpiji ukuran 12 Kg. Namun untuk menghemat biaya, dia akhirnya menggunakan elpiji ukuran 3 Kg.

Menurut Faisal, tabung pertama dipasang sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis (22/7/2010). Setelah tabung pertama habis, dia memasang tabung kedua pukul 23.00 WIB. Setelah yakin semuanya beres, Faisal kemudian pergi tidur.

"Tapi belum lama saya tidur, tiba-tiba terdengar ledakan dan tahu-tahu kandang ayam saya sudah terbakar," ungkap Faisal.

Menurut Faisal, akibat kejadian ini dirinya mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta. Anak-anak ayam yang terpanggang itu sedianya akan dijual ke Muntilan setelah mencapai berat yang ideal.

Kapolsek Ngluwar, AKP Parmanto, mengaku belum bisa menyimpulkan sebab-sebab ledakan. Sampai saat ini pihaknya masih mengumpulkan barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Kami sudah amankan barang bukti berupa tabung gas isi 3 kg sebanyak 3 buah, regulator, serta kompor pemanas. Kami akan segera koordinasi dengan Pertamina untuk mengetahui penyebab ledakan," ujar Parmanto. (djo/djo)

------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar