Selasa, 10 Januari 2012

BPBD imbau warga siaga bencana Warta WASPADA ONLINE

BIREUEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, mengimbau warga, terutama di kawasan rawan bencana, agar selalu siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Imbauan ini dikeluarkan karena meningkatnya potensi terjadinya cuaca buruk, seperti hujan lebat dan angin kencang dalam bulan ini hingga Januari mendatang.

Kepala BPBD Bireuen, Agussalim, mengatakan, bencana alam yang rawan terjadi di wilayah Kabupaten Bireuen, antara lain banjir, angin kencang, tanah longsor, dan abrasi pantai. Sejak awal Desember lalu, kata Agussalim, banjir kerap terjadi di sejumlah kecamatan.

“Sekarang ini sedang musim hujan dengan curah hujan tinggi, sehingga rawan banjir. Karena itu kami imbau warga, terutama di kawasan rawan banjir, seperti di Kecamatan Jeunieb, Pandrah, dan Simpang Mamplam, supaya tetap waspada. Begitu juga bagi warga di Kecamatan Juli dan pelintas di jalan Bireuen-Takengon, juga harus waspada terhadap longsor,” terangnya.

Lanjut Agussalim, warga yang tinggal di kawasan pesisir, yaitu mulai dari Kecamatan Samalanga hingga Gandapura, supaya waspada terhadap angin kencang dan abrasi pantai yang semakin mengganas, seperti yang terjadi di Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, dua pekan lalu.

“Sekarang ini kami terus mendata daerah-daerah yang rawan bencana, begitu juga kepada seluruh camat di 17 kecamatan dan keuchik di 609 desa supaya dapat melakukan pendataan terhadap kawasan rawan bencana. Hal itu untuk memudahkan kita dalam berupaya mengatasi bencana alam yang bisa menimbulkan korban jiwa maupun harta benda. Karena itu, kita harus waspada sebelum bencana itu terjadi,” imbau Agussalim.
------------------------------
" Alam dan Adat Bicara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar