Kamis, 08 Juli 2010

Pertamina EP Tanggulangi Tumpahan Minyak di Cepu

Jakarta Kamis, 08/07/2010 21:20 WIB - PT Pertamina EP Field Cepu akhirnya menanggulangi tumpahan minyak di Ledok, Distrik 2 Cepu, Blora, Jawa Tengah hari ini. Pada Rabu tengah malam kemarin, Pertamina EP Field Cepu telah berhasil mengangkat sebanyak 95% minyak yang tumpah dari sungai.

"Hingga berita ini diturunkan pihak Pertamina masih melakukan pembersihan sisa tumpahan minyak di sekitar lokasi," ujar Manager Humas PT Pertamina EP M Harun dalam siaran persnya yang diterima detikFinance, Kamis (8/7/2010).

Tumpahan minyak terjadi pada Rabu pagi (7/7/2010) dari tangki No. 56 di Stasiun Pengumpul Utama (SPU) Ledok. Menyikapi tumpahan yang terjadi tersebut, Pertamina EP Field Cepu segera melaksanakan penanggulangan dengan memasang tiga lapis oil boom di sungai pada jarak 2 kilometer dari SPU Ledok dan menyiagakan Kendaraan Pemadam Kebakaran.

Selain itu, untuk mencegah minyak yang terlepas, telah ditambahkan tiga lapis oil boom antara jarak kilometer kedua dan kilometer ketiga dari SPU Ledok.

Selanjutnya tumpahan minyak yang diperkirakan mencapai 12 barel tersebut diangkat dari sungai menggunakan vacuum truck dan oil skimmer. Hingga pukul 24.00 WIB pada hari Rabu, minyak yang berhasil diangkat sebanyak 95%.

Selama proses penanggulangan tumpahan minyak, sempat terjadi dua kali pembakaran tumpahan minyak di Sungai oleh sekelompok oknum masyarakat. Namun demikian kebakaran tersebut, berhasil dipadamkan oleh pihak Pertamina EP Field Cepu. (epi/dnl)

-----------------------

" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar