Kamis, 08 Juli 2010

Polisi "Sweeping" Demonstran Sentani

SENTANI, KOMPAS.com - Polres Jayapura melakukan razia terhadap massa pengunjuk rasa dari Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2010). Mereka akan bergabung dengan rekan-rekannya di Kota Jayapura untuk melakukan aksi ke Dewan Perwakilan Rakyat Papua.

Razia yang dimulai dari pukul 08.00 Waktu Indonesia Timur sampai pada pukul 12.30 WIT itu dipusatkan di Hawai depan SMK Negeri I Sentani sempat membuat macet arus lalu lintas di kota tersebut.

Polres Jayapura menurunkan sepertiga anggota Polres dipimpin langsung Kapolres Jayapura Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mathius Fakhiri. Petugas berhasil menyita tiga buah senjata tajam berupa pisau dan satu buah gunting.

Ketua Dewan Adat Papua Porkorus Yoboysembut yang memimpin massa dari Sentani tidak luput dari razia tersebut.

Kapolres Jayapura AKBP Mathius Fakhiri, di Sentani ibukota Kabupaten Jayapura, mengatakan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan timbul akibat demo tersebut maka pihaknya melakukan razia.

"Yang kami ’sweeping’ adalah senjata tajam, minuman keras yang dibawah oleh massa," katanya.

Menurut dia, ratusan pendemo dari Sentani dengan menggunakan 10 truk dan empat mobil "star wagon " dan kendaraan sepeda motor sebagian besar telah mematuhi rambu-rambu lalu lintas sehingga pada saat "sweeping" tidak memakan waktu yang cukup lama.

Masyarakat Papua yang hari ini secara serentak melakukan demo damai di DPRP adalah menuntut Otonomi Khusus (Otsus) dikembalikan ke Pemerintah Pusat karena dianggap gagal, dan meminta referendum dan SK MRP nomor 14.

----------------

" Alam dan Adat Bicara"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar