Minggu, 15 Agustus 2010

Tabung Elpiji Bocor, Sekeluarga Hangus

KLATEN - Lagi-lagi tabung elpiji kemasan 3 kilogram makan korban. Kali ini nahas menimpa keluarga Parlan, 30, warga kampung Margomulyo, Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara.

Tiga anggota keluarga itu mengalami luka bakar parah dan harus dirawat intensif di RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten. Mereka adalah suami istri Parlan dan Ari Mulyani, 25, serta anak mereka, Amalia, yang berusia sebelas bulan.

Karena luka serius itu, RSUP harus menyiapkan tim khusus untuk memantau perkembangan korban. Direktur Layanan Medik RSUP Soeradji Tirtonegoro Djoko Windoyo mengatakan bahwa para pasien tersebut dirawat di ruang isolasi. Sebab, luka bakar yang mereka derita sangat mudah terserang infeksi.

"Setiap waktu, ada perawat yang berjaga dan mengontrol perkembangan pasien. Saya belum bisa memastikan berapa hari Parlan dan anggota keluarganya harus dirawat," ujarnya.

Peristiwa yang menggemparkan warga Margomulyo itu terjadi kemarin dini hari (13/8) di kompleks Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Klaten. Parlan adalah pesuruh di sekolah tersebut. Mereka tinggal di kantin sekolah, yang kala malam disulap menjadi tempat tidur. Parlan dan keluarganya baru sepekan tinggal di tempat itu. Sebelumnya, Parlan dan keluarga kecilnya tinggal di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Klaten.

Sebelum kebakaran itu, sekitar pukul 01.00 Ari terbangun dan mendapati rumahnya gelap karena aliran listrik mati. Dia lalu mencari korek api untuk menyalakan lilin. Baru saja menyalakan korek, api langsung membesar memenuhi ruang berukuran 4 x 5 meter itu. Diduga, api cepat membesar karena gas dari tabung elpiji di ruang tersebut bocor.

Karena kejadian itu sangat cepat, Ari tak bisa menghindar. Tubuhnya langsung tergulung api. Parlan dan si kecil, Amalia, yang kala itu tidur juga terbakar. Parlan yang terbangun saat tersambar api tersebut langsung meraih Amalia dan menarik Ari untuk keluar dari rumah sambil berteriak minta tolong. Warga yang berdatangan langsung berusaha memadamkan api. (oh/nan/jpnn/c11/soe)


------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar