Rabu, 18 Agustus 2010

Puluhan Orang Terkubur Longsor


BEIJING, KOMPAS.com — Sedikitnya 67 orang hilang setelah tanah longsor mengubur sebuah kota terpencil di China barat daya, dekat Myanmar, kata media pemerintah, Rabu (18/8/2010). Bencana terbaru itu menambah jumlah korban tewas atau hilang yang telah mencapai ribuan akibat banjir dan tanah longsor sepanjang tahun ini di China.

Tanah longsor itu dipicu hujan lebat di sebuah kota di Gongshan County, yang terletak di sudut sebuah pegunungan di Provinsi Yunnan, sejak awal Rabu pagi, lapor kantor berita resmi Xinhua News. "Jumlah korban saat itu tidak diketahui," kata laporan itu.

Tim penyelamat telah dikirim ke daerah terpencil tersebut, yang juga terletak dekat Tibet. Sungai Nu, yang mengalir dari pegunungan itu, meluap dan permukaannya naik hingga 6 meter, kata Xinhua.

Masih pada bulan ini, hujan lebat di Zhouqu di barat laut Provinsi Gansu yang membawa lumpur telah mengubur sebagian besar warga miskin dan kota terpencil serta menewaskan lebih dari 1.200 orang. Lebih dari 1.000 orang telah tewas dalam banjir di China tengah, selatan, dan timur laut sepanjang tahun ini.

------------------------
" Alam dan Adat Bicara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar